RAPAT KOORDINASI LAYANAN REHABILITASI TINGKAT KABUPATEN/KOTA DENGAN INSTANSI TERKAIT

Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen Pol Drs. Oneng Subroto, SH., MH Saat memberikan Sambutan sekaligus membuka Kegiatan “Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten/Kota dengan Instansi Terkait”

Dalam rangka fasilitas rehabilitasi narkoba, Bidang Rehabilitasi BNNP Gorontalo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Layanan Rehabilitasi Tingkat Kabupaten / Kota Dengan Instansi Terkait. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand – Q Kota Gorontalo, Selasa/ 6 Februari 2018 dengan tema kegiatan “Optimalisasi peran stakeholder dalam rangka pelaksanaan layanan rehabilitasi bagi pecandu dan penyalahguna narkoba”.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BNNP Gorontalo Drs. Oneng Subroto, SH.MH dan dalam sambutannya mengharapkan terjalinnya koordinasi serta kominakasi yang intens antar instansi pelaksana layanan rehabilitasi agar pada pelaksanaannya dapat berjalan beriringan tanpa ada tumpang tindih program, sehingga tujuan daripada pencapaian target dan outcame pada tahun 2018 dapat terealisasi dengan baik. Pada rapat kali ini membahas agenda tentang arah kebijakan program layanan rehabilitasi BNN TA. 2018, pembahasan capaian dan kendala pelaksanaan layanan rehabilitasi TA. 2017 dan penandatangan perjanjian kerjasama dengan instansi pemerintah dalam pelaksanaan layanan rehabilitasi (RSUD. Bumi Panua Pohuwato, Puskesmas Marisa, Puskesmas Paguat, Puskesmas Pulubala dan Puskesmas Kwandang)
Pada kesempatan ini pula Kabid Rehabilitasi BNNP Gorontalo Dra. Maria Jeanne Tanzil, Apt memaparkan materi tentang strategi dalam pencapaian outcame layanan rehabilitasi sehingga tercapai out come yg diinginkan yaitu para pecandu yang menjalani rehabilitasi dapat pulih produktif dan bisa berfungsi sosial dimasyarakat.
Kasie Penguatan Lembaga Rehabilitasi Budi Kurniawan Kiyai, SH memberikan pemaparan materi berupa standar pelayanan minimal dan target yg akan dicapai oleh BNNK kab /kota serta tata cara peningkatan kemampuan lembaga dan dilanjutkan dilanjutkan dengan diskusi.
Pada rapat koordinasi ini melahirkan beberapa rekomenasi diantaranya:
‌Pentingnya penyebrana informasi secara masiv kepada masyarakat tentang pentingnya layanan rehabilitasi
‌Upaya lembaga layanan rehabilitasi untuk melibatkan keluarga dalam proses rehabilitasi
‌Perlunya peraturan daerah untuk mengatur peredaran obat – obatan label bebas terbatas
‌koordinasi antar stakeholder untuk saling menyampaikan informasi terkait kendala dilapangan perihal pelaksanaan layanan rehabilitasi
‌Kasie Rehabilitasi BNNK agar berkoordinasi dengan Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik dalam hal pelaksanaan layanan rehabilitasi
‌Pentingnya peran LSM dalam pelaksanaan layanan rehabilitasi di masyarakat sebagai penyebar informasi dan pendamping masyarakat dalam mengakses layanan rehabilitasi
‌Peningkatan kualitas SDM pada lembaga rehabilitasi agar layanan rehabilitasi dapat terlaksana dengan baik.
Kegiatan rapat koordinasi ini ditutup oleh Kabid Rehabilitasi BNNP Gorontalo pada pukul 16.00 wita #stop narkoba#. (cul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *