GENCARKAN SOSIALISASI PROGRAM LAYANAN REHABILITASI KEPADA MAHASISWA

Gorontalo – Sosialisasi mengenai Program Rehabilitasi gencar dilakukan oleh BNNP Gorontalo guna menekan angka coba pakai Narkoba di provinsi Gorontalo. Peran aktif masyarakat khususnya mahasiswa dalam mengatasi masalah penyalahgunaan Narkoba terutama terlibat dalam mendukung pelaksanaan layanan rehabilitasi dan pasca rehabilitasi bagi pecandu Narkoba.

Demikian disampaikan oleh Kepala BNNP Gorontalo, Brigjenpol Drs. Oneng Subroto, SH., MH. kala memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Program Layanan Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi dengan tema “Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Dalam Mendukung Pelaksanaan Program Layanan Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi” bertempat di Hotel Maqna, Gorontalo. (13/02)

Dihadapan 50 mahasiswa dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM :red) di berbagai universitas se-provinsi Gorontalo, Subroto menyampaikan kondisi penyalahguna Narkoba di Gorontalo cukup banyak, yakni sebanyak 356 penyalahguna yang telah di rehabilitasi oleh BNNP Gorontalo.

“Program layanan rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para penyalahguna dari belenggu Narkoba. Tahun 2017, BNNP Gorontalo telah melaksanakan layanan rehabilitasi terhadap 304 orang di Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah dan 52 orang pada Rehabilitasi Komponen Masyarakat”, ungkap Subroto.

Jadi total ada sekitar 356 orang penyalahguna yang telah direhabilitasi dengan estimasi 343 Rawat Jalan dan 13 Rawat Inap”, tambahnya.

Namun menurut Subroto, upaya rehabilitasi tetap gencar dilaksanakan mengingat perkembangan Narkotika jenis baru juga menjadi perhatian yang sangat serius bagi pemerintah.

“Ada sekitar 739 zat narkotika yang baru atau New Psychoactive Substance (NPS) yang dilaporkan oleh 106 negara. 68 zat diantaranya telah masuk ke Indonesia dan hanya sebanyak 60 zat yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2017 dan UU Nomor 35 Tahun 2009”, ungkap Subroto.

“Jadi dibutuhkan komitmen, semangat, dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan tanpa batas ini. Oleh karena itu, dukungan seluruh elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam mengemban tugas dan amanah yang sangat mulia ini”, tambah polisi berpangkat Jenderal Bintang satu itu. #stopnarkoba(Rey/BNNP_Gtlo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *